Mengenal Kain Korduroi

Mengenal Kain Korduroi

Balinghasai Farms –┬áKorduroi adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu jenis kain yang memiliki pola garis sejajar yang terbentuk pada permukaan kain. Awalnya bahan ini terbuat dari kapas; serat pada kain dipelintir (dipelintir) sebelum ditenun. Saat proses penenunan selesai, serat menghasilkan pola garis sejajar pada permukaan kain.

Sekilas, kain korduroi terlihat seperti dibuat dari sambungan garis sejajar ini (disebut tali). Diantara jalur tersebut terdapat jalur yang memisahkan setiap kabel / jalur dan juga berfungsi sebagai alas atau alas. Ketebalan garis kabel merupakan panas bagi pemakainya. Saat ini, korduroi sebagian besar terbuat dari kapas atau serat lain seperti akrilik, rayon, dan poliester.

Fitur kain korduroi: Untuk membuat kain korduroi, satu set serat tambahan ditenun ke dasar kain untuk membentuk garis vertikal di sepanjang kain. Lebar garis kabel pada korduroi disebut ukuran dinding. Semakin kecil jumlah tali dalam satu inci, semakin tebal ukuran dindingnya (misalnya, 4 dinding lebih tebal dari 11 dinding per inci).

Paus paus biasanya digunakan untuk membuat celana dan kain pelapis furnitur (terutama sofa), sedangkan paus berukuran sedang dan lebih kecil sering kali muncul pada pakaian yang dikenakan di atas pinggang. Kain dengan ukuran jijik yang lebih kecil umumnya lebih lembut tetapi kurang tahan lama.

Perbedaan antara beludru dan korduroi adalah bahwa kain beludru atau beludru memiliki tumpukan serat yang lebih tebal yang dibentuk oleh lilitan dalam posisi miring, sedangkan tumpukan korduroi dibuat dengan serat ekstra ekstra di bagian pakan.

Yang membedakan korduroi dari bahan pokok lainnya adalah bahwa korduroi ditenun dengan benang tambahan yang ditambahkan ke benang pakan, yang menciptakan tanggul atau garis pada permukaan kain, sementara bahan pokok lainnya memiliki permukaan timbul yang disebabkan oleh putaran yang melintasi peregangan permukaan. .

Gadis korduroi memakai kain korduroi memiliki tekstur yang lembut, tidak kasar, tahan lama dan telah digunakan oleh orang-orang dari kelas yang berbeda selama dua abad. Dulu, kain ini digunakan terutama untuk pakaian kerja dan olahraga untuk pria. Corduroy sekarang banyak digunakan untuk membuat celana, kemeja, rok, baju, topi, dress, jaket, mainan dan soft furnishing.

Karakter Corduroy tidak banyak berubah sejak akhir abad ke-18. Nama lain yang biasa digunakan untuk kain korduroi adalah tali gajah, tali peniti, beludru korduroi, kain manchester dan tali. Terkadang untuk pembuatan baju korduroi tidak membutuhkan bahan pelapis, hal ini dikarenakan korduroi sendiri memiliki tingkat ketebalan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahan ini juga sering dipadukan dengan bahan spandeks untuk membuat korduroi yang bisa diregangkan secara horizontal maupun vertikal.

KELEBIHAN KAIN KORDUROI

  • Tahan lama.
  • Lembut dan tidak kasar, tekstur kain yang lembut merupakan keunggulan terbesar dari kain ini.
  • Memiliki ciri khas tersendiri.
  • Seratnya padat dan kuat.
  • Tampak mewah dengan corak relief yang mengilap.
  • Tidak bermimpi.
  • Bahannya tebal.
  • Sifat materialnya ringan.
  • Memiliki daya serap air yang cukup baik

KEKURANGAN KAIN KORDUROI

Sedikit panas

Kelemahan Corduroy selanjutnya adalah karakter material yang hangat. Meskipun salah satu komposisi Corduroy adalah katun, namun tidak membiarkan serat berkeringat atau menyerap air. Oleh karena itu korduroi jarang digunakan untuk pembuatan baju atau sejenisnya. Corduroy sering dibuat untuk konveksi seragam yang digunakan untuk menahan angin saat mengemudi.

Tekstur permukaannya agak kasar

Tekstur permukaan pada bahan ini tergolong sangat kasar, oleh karena itu diperlukan lapisan ekstra atau pelapis yang halus agar pakaian nyaman dikenakan.